Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMA Negeri 04 Kepahiang)

Alka Kianda, Alka and Azwar, Beni and Iswanto, Rahmat (2024) Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMA Negeri 04 Kepahiang). Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Terbaru Alka Siap Ujian Tesis (1).pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tantangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dalam Kurikulum Merdeka di Indonesia, di SMA Negeri 04 Kepahiang, implementasi PBL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi relevan sebagai upaya untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global dengan kemandirian belajar dan kemampuan beradaptasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 04 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah ; Pertama, Implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran PAI di SMAN 04 Kepahiang, dengan Kurikulum Merdeka, melibatkan langkah-langkah terstruktur untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Guru-guru PAI merancang kasus-kasus relevan untuk memicu minat siswa dalam memecahkan masalah sosial atau moral. Kedua, melalui riset mandiri dan kolaborasi, mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Presentasi solusi dan umpan balik dari guru membantu memperbaiki pemahaman mereka tentang konsep agama dan moral. Ketiga, penerapan PBL juga berpotensi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, menghubungkan teori dengan praktik, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan di luar kelas. Meski dihadapi oleh keterbatasan waktu dan resistensi beberapa guru, dukungan manajemen sekolah dan pengembangan pelatihan guru dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Alka Kianda, Alkaalkakianda.mhs@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Iswanto, Rahmatrahmatiswanto@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:29
Last Modified: 11 Sep 2024 03:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7626

Actions (login required)

View Item View Item