Pengaruh Model Pembelajaran Genre Based Approach dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 3 Rejang Lebong

Marsita, Kejora and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Genre Based Approach dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_KEJORA MARSITA_20541020_TBIND.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terjadi dikarenakan pembelajaran satu arah, siswa hanya menerima materi saja serta kurang bervariasinya guru dalam menerapkan model pembelajaran khususnya model pembelajaran yang memicu pemikiran kritis siswa. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Genre Based Approach dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Genre Based Approach dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negri 3 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen, yaitu hanya menggunakan kelompok eksperimen saja tanpa adanya kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji t-tes, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya. pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Genre Based Approach terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII B SMP Negri 3 Rejang Lebong. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil kemampuan awal atau pretest rata-rata siswa adalah sebesar 42,33 dan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Genre Based Approach mendapatkan hasil rata-rata peserta didik yaitu 72,33. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H₁ diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Genre Based Approach dengan kemampuan berpikir siswa kelas VII B SMP Negri 3 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model Pembelajaran Genre Based Approach dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marsita, Kejorakejora.mhs@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:37
Last Modified: 10 Sep 2024 04:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item