RANKI KHOZANAH, NABILAH and Ifnaldi, Ifnaldi and Palupi Putri, Dini (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Guppi 11 Talang Rimbo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
NABILAH RANKI KHOZANAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
NABILAH RANKI KHOZANAH, NIM. 20591126 “ Pengaruh penggunaan metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI GUPPI 11 Talang Rimbo”. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN CURUP . Metode pembelajaran adalah cara yang diambil oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui langkah-langkah tertentu. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa, seorang guru harus menciptakan lingkungan yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MI GUPPI 11 Talang Rimbo, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV sebelum penggunaan metode Hypnoteaching, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV setelah penggunaan metode Hypnoteaching, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI GUPPI 11 Talang Rimbo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, tepatnya jenis eksperimen pra-eksperimental. Desain penelitian yang diterapkan adalah one group pretest-posttest design. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menguji kemampuan siswa melalui pretest dan posttest pada siswa kelas IV MI GUPPI 11 Talang Rimbo yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sebelum di terapkannya metode hypnoteaching tergolong dalam kategori rendah, 2) Hasil belajar siswa setelah di terapkannya metode hypnoteaching tergolong dalam kategori tinggi, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Hypnoteaching dalam mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Guppi 11 Talang Rimbo. Analisis data menggunakan uji T-test menunjukkan nilai rata-rata prestest sebesar 48,57 dan posttest sebesar 80,47. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode Hypnoteaching, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kata kunci: Metode Hypnoteaching, Matematika, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7567 |
Actions (login required)
View Item |