Analisis Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa SDIT Rabbi Radhiyyah 02 Rejang Lebong

Anissa Fitri Utami, Anissa and Deriwanto, Deriwanto and INDRAWARI, Karliana (2024) Analisis Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa SDIT Rabbi Radhiyyah 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
ANISSA FITRI UTAMI (19531012). now[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDIT RABBI RADHIYYAH 02 REJANG LEBONG Oleh : Anissa Fitri Utami ( 19531012 ) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Untuk mengetahui pembiasaan yang dilaksanakan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Adapun permasalahan yang di angkat dari rumusan masalah bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong dan bagaimana pembiasaan yang dilaksanakan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Penelitian ini berfokus pada kurikulum merdeka pada karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan pembiasaan kelas IV di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi dari kegiatan-kegiatan pembiasaan di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Adapun yang menjadi informan adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat untuk mempermudah dalam melakukan pembahasan dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia menanamkan karakter yang baik seperti akhlak dalam beragama, akhlak diri sendiri, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak kepada negara (2) Pembiasaan di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia di dikelompokkan menjadi pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Karakter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anissa Fitri Utami, Anissaanisa.mhs@iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
INDRAWARI, Karlianakarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:12
Last Modified: 22 Aug 2024 08:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7443

Actions (login required)

View Item View Item