Pengaruh Model Diskursus Multy Reprecentaty(Dmr) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong

Rahayu, Rahayu and Azwar, Beni and Septiana, Anisya (2024) Pengaruh Model Diskursus Multy Reprecentaty(Dmr) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RAHAYU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan siswa terhadap keterampilan pemecahan masalah rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keterampilan pemecahan masalah siswa sebelum menggunakan model DMR pada pembelajaran IPA kelas VA di SDN 13 Rejang Lebong, 2) Bagaimana keterampilan pemecahan masalah siswa sesudah menggunakan model DMR pada pembelajaran IPA kelas VA di SDN 13 Rejang Lebong, 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran DMR terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA kelas VA di SDN 13 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian one grup design pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5, sampel dalam penelitian ini yaitu 22 orang siswa kelas VA. Teknik pegumpulan data berupa lembar observasi dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sampel t-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pembelajaran sebelum diberi perlakuan keterampilan pemecahan masalah siswa menggunakan model DMR pada pembelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 84,45 dan standar deviasi 5.106. Dan sesudah diberi perlakuan keterampilan pemecahan masalah siswa menggunakan model DMR pada pembelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 93,32 dan standar deviasi 5.419. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test diperoleh hasil nilai sig 1- tailed sebesar 0,000 ; nilai tersebut lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan terdapat perbedaan antara nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, Rahayurahayu.mhs@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:48
Last Modified: 19 Aug 2024 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7394

Actions (login required)

View Item View Item