Pengaruh Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pembagian Pecahan Campuran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kepahiang

Agustina, Henni and Kurniawan, Kurniawan and Dewi, Jauhari Kumara (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pembagian Pecahan Campuran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
HENNI AGUSTINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pembagian pecahan campuran masih rendah nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk,1)Untuk mengetahui Pengaruh Sebelum Menggunakan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pembagian Pecahan Campuran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kepahiang.2)Untuk mengetahui Pengaruh Sesudah Menggunakan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pembagian Pecahan Campuran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kepahiang.3)Untuk mengetahui Apakah penggunaan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pelajaran matematika pembagian pecahan campuran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kepahiang. Jenis penelitian ini yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen, penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab-akibat). Desain penelitian yang digunakan peneliti yaitu pretest-posttest eksperimen and control group design karena dalam desain ini digunakan dua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini total seluruh siswa VB dan VC ada 50 orang siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Samples Test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : sebelum diberi perlakuan, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 51,00, median 55.00, modus 55, standar deviasi 11,902, varians 141,667, rentang 50, nilai minimum 20, dan nilai maksimum 70. Dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, diperoleh rata-rata posttest sebesar 80.80, median 80.00, modus 85, standar deviasi 7.024, varians 49.333, rentang 30, nilai minimum 65, dan nilai maksimum 95. Berdasarkan hasil Paired Samples Test-t, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah Ho sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 02 Kepahiang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, Hennihenni.mhs@iaincurup.ac.id
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:50
Last Modified: 19 Aug 2024 03:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7392

Actions (login required)

View Item View Item