Hubungan Self Directed Learning dengan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Teks Puisi Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang

Mita Oktari, Levia and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2024) Hubungan Self Directed Learning dengan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Teks Puisi Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Levia Mita Oktari NIM - 20541021.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Self Directed Learning Dengan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Teks Puisi Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang Oleh : Levia Mita Oktari Penelitian ini dilatar belakangi oleh tinglat kreativitas siswa di Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang masih sangat rendah .Hal ini terjadi dikarenakan siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang tidak memiliki ruang yang cukup untuk dapat mengembangkan kreativitasnya. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Self Directed Learning di SMA Negeri 6 Kepahiang, 2) Kreativitas peserta didik pada pembelajaran teks puisi 3) hubungan Self Directed Learning dengan kreativitas siswa SMA Negeri 6 Kepahiang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian sederhana. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu angket/kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji R, uji T, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Self Directed Learning di SMA Negeri 6 Kepahiang berada dikategori tinggi. 2) Kreativitas siswa Learning di SMA Negeri 6 Kepahiang berada dikategori tinggi. 3) hubungan yang signifikan dalam Self Directed Learning terhadap kreativitas siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang. Dari hasil uji Product Moment variabel X dan Y yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebesar 0,809 rhitung yang merujuk kepada r tabel. Angka 0,809 berada pada rentang 0,90-1,00 dengan interpretasi sangat kuat. Maka, hipotesis alternatife (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis uji-t yang diperoleh dari nilai regresi linier sederhana yang menghasilkan t hitung sebesar 9,048 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Karena taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Adapun hasil dari perhitungan SPSS 18, Self Directed Learning mempunyai hubungan terhadap kreativitas siswa sebesar 83,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan jika, Self Directed Learning mempunyai hubungan secara simultan terhadap kreativitas siswa dengan hasil F hitung pada tabel anova sebesar 81.873 dengan perolehan signifikansi 0,001. Karena taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan jika Self Directed Learning mempunyai hubungan untuk meningkatkan Kreativitas siswa SMA Negeri 6 Kepahiang. Kata Kunci : Self Directed Learning, Kreativitas dan Teks Puisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mita Oktari, Levialevia@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:31
Last Modified: 14 Aug 2024 03:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7322

Actions (login required)

View Item View Item