SEPTA RINDA, YEKI and Taqiyuddin, Muhammad and Hartati, Meri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran React (Relating Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fiksi Kelas IV di SD Negeri 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi guru masih terkesan monoton terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Perbedaan keterampilan menulis Teks Fiksi siswa yang diajarkan Menggunakan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) di kelas lV SD Negeri 17 Rejang Lebong. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dan peningkatan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperiment, dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 4 dengan sampel 44 siswa. Teknik pengumpulan data berupa Obsevasi, tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Peningkatan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperiment dengan kelas kontrol, keterampilan menulis Teks Fiksi dengan menggunakan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) nilai rata-rata posttes kelas eksperimen yaitu 81,82 sedangkan nilai posttest kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional diperolah nilai rata-rata 72,00. Berdasarkan hasil rata-rata posttes bahawa pembelajaran Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dalam meningkatkan keterampilan menulis, memiliki hasil yang baik. 2) Adanya pengaruh penggunaan Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan menulis Teks Fiksi siswa kelas IV SD Negeri 17 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis Independent Uji sampel t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya ada pengaruh Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan menulis Teks Nonfiksi pada siswa kelas lV SD Negeri 17 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model Pembelajaran, REACT, Keterampilan Menulis
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7225 |
Actions (login required)
View Item |