Pengaruh Strategi Pembelajaran Trading Place Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV SD Negeri 52 Rejang Lebong

REJEKI, SRI and Gunawan, Guntur and Amrillah, H.M Taufik (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Trading Place Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV SD Negeri 52 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TRADING PLACE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 52 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal pembelajaran di kelas IV masih menunjukkan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar yaitu dari 26 siswa kelas IV hanya sekitar 45% yang memiliki keaktifan belajar. Permasalahan lain yang ditemukan adalah mengenai strategi pembelajaran yang digunakan guru, Guru cenderung menggunakan strategi yang kurang menarik bagi siswa sehingga membuat siswa merasa bosan selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran trading place terhadap keaktifan belajar siswa dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran trading place terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 52 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menggunakan jenis penelitian survey karena dalam pengumpulan data penulis menghimpun informasi dari para responden menggunakan kuesioner sebagai metode pokok. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV dengan sampel 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan wawancara. Serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji regresi linier sederhana pada kelas IV SDN 52 Rejang Lebong pada tabel anova menyatakan ada hubungan linier secara signifikan pada nilai F mendapatkan nilai sebesar 478.403 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dampak dari strategi trading place berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV SDN 52 Rejang Lebong dengan besar pengaruhnya sebesar 0,944 dengan katagori sangat kuat. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Trading Place,Keaktifan Belajar,Pelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
REJEKI, SRIsrirejeki.mhs@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:31
Last Modified: 14 Aug 2024 09:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7223

Actions (login required)

View Item View Item