Strategi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong

Zuhri Dwi Apriansah, Zuhri and Yusro, Ngadri and Purnama Sari, Dewi (2024) Strategi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
ZUHRI DWI APRIANSAH.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan dalam pembalajaran PAI pada kurikulum merdeka belajar di SMP Kreatif Aisyiah dan untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka belajar di SMP Kreatif Aisyiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Menyiapkan dan Mengorganisir data, Membaca dan Melihat seluruh Data, Memajukan bagaimana deskripsi dan ini akan diwakili dalam narasi kualitatif, dan Menginterpretasi Makna dari Data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Strategi Pembelajaran PAI di SMP Kreatif Aisyiyah dalam Kurikulum Merdeka Belajar menggunakan strategi pembelajaran interaktif, kooperatif learning, ekspositori, dan pembelajaran berbasis proyek. Yang fokus pada pengintegrasian literasi digital, kolaborasi, dan pembelajaran berbasis proyek untuk mempersiapkan siswa menghadapi Era Society 5.0. Strategi ini mengutamakan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, mendorong komunikasi dan kerja sama antar siswa, dan menghubungkan nilai-nilai Islam dengan situasi nyata melalui proyek. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang Islam, keterampilan digital, dan kemampuan kolaboratif, yang relevan dalam konteks modern. 2) Strategi Pembelajaran PAI di SMP Kreatif Aisyiyah mengadopsi pendekatan holistik dengan teknologi dan metode aktif seperti pembelajaran berbasis proyek dan kooperatif, menekankan aplikasi pengetahuan agama dalam kehidupan nyata. Evaluasi inklusif mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, mendukung pertumbuhan spiritual dan moral siswa. Ini menyiapkan siswa dengan pemahaman agama yang mendalam dan keterampilan relevan untuk menghadapi tantangan zaman. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Zuhri Dwi Apriansah, Zuhrizuhri.mha@iaincurup.ac.id
Yusro, Ngadringadriyusro69@gmail.com
Purnama Sari, Dewidewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:39
Last Modified: 14 Aug 2024 08:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item