Pitrawana, Pitrawana and Sutarto, Sutarto and Warlizasusi, Jumira (2024) mplementasi Pendidikan Life Skill Dalam Membentuk Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Pendidikan life skills siswa ini diterapkan di MAN Rejang Lebong sejalan dengan banyaknya fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat di era ini adalah menurunnya aspek moral dan karakter bangsa. Bisa diambil contoh, terdapat banyak pelajar yang melakukan hal negatif di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pendidikan life skill dalam membentuk akhlak siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Rejang Lebong. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan atau status fenomena, Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru serta siswa. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Implementasi Pendidikan Life skill personal melalui 3 tahap implementasi yaitu perencanaan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, pelaksanaan yaitu kecakapan mengenal diri sendiri atau penghayatan diri sebagai makhluk hidup dan melakukan ibadah penggalian ilmu agama seperti sholat dhuha dan zuhur serta menghafal juz 30 Al-Quran, evaluasi dengan melihat dan pengamatan terhadap siswa saat mengikuti pembelajaran dan juga tes tertulis. (2) Implementasi Pendidikan Life skill sosial melalui 3 tahap yaitu perencanaan dengan menyiapkan RPP berupa metode pembelajaran berkelompok, dimana siswa disitu dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman dan guru, Pelaksananmenggunakan Contextual Teaching and Learning dengan cara menggunakan metode diskusi kelompok dan evaluasi dengan melihat dan pengamatan terhadap siswa saat mengikuti pembelajaran (3) Implikasi Pendidikan life skills personal yaitu siswa mampu menghayati diri sebagai makhluk Allah SWT, anggota masyarakat dan warga Negara, serta menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, sekaligus menjadikannya sebagai modal dalam meningkatkan dirinya sebagai individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya, implikasi Pendidikan life skills sosial melalui pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa kelas X MAN Rejang Lebong yaitu siswa mampu mengeluarkan ide dan pemikiran dengan efektif, Mampu mendengarkan pendapat siswa lain dengan baik dan merespon dengan baik juga, mampu menyampaikan informasi dengan baik, hal ini didapatkan melalui metode pembelajaran yang saya terapkan yaitu active learning tadi, karena komunikasi dan kerja sama siswa akan berjalan dengan baik apabila guru menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan pendidikan life skills sosial
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7014 |
Actions (login required)
View Item |