Bastian, Dian and Asha, Lukman and Baryanto, Baryanto (2024) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mendisiplinkan Guru di MTs Negeri 1 Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Text
Full Tesis Dian Bastian, 22861006, MPI 2024.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
Pokok masalah dalam penelitian tesis ini adalah terdapat beberapa tenaga pendidik yang sering melanggar peraturan sekolah, seperti datang terlambat, pulang sebelum waktu yang ditentukan, dan meninggalkan pekerjaan untuk urusan pribadi. Hampir setiap hari ada tenaga pendidik yang terlambat datang. Selain itu, pelaksanaan tugas dan fungsi yang diberikan oleh kepala madrasah belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis untuk meneliti masalah diatas adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penulis menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data yang diterapkan berdasarkan pendapat Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran kepala madrasah dalam mendisiplinkan kehadiran guru yakni pertama kepala madrasah mendisiplinkan dirinya dahulu, selanjutnya kepala madrasah memberikan motivasi dan arahan kepada guru saat apel pagi guna menjaga selalu kedisiplinan dalam kehadiran, dan kepala madrasah memenuhi kebutuhan fasilitas guru. Selanjutnya peran kepala madrasah dalam mendisiplinkan administrasi pembelajaran guru yakni dibantu dengan wakil kepala madrasah bidang kurikulum untuk mensosialisasikan, membantu, membimbing, dan memeriksa dan mengevaluasi guru untuk memenuhi aturan administrasi pembelajaran dan melaksanakannya dengan baik. Dan peran kepala madrasah dalam mendisiplinkan proses pembelajaran guru yakni dengan yang terus menerus mengingatkan kepada semua guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan maksimal. Kemudian melakukan kegiatan memantau guru dikelas saat awal jam pertama pembelajaran dimulai, kemudian kepala madrasah selalu membangun komunikasi yang baik kepada seluruh guru yang ada dimadrasah, lalu selalu memotivasi kepada seluruh pegawai untuk selalu berkerja dengan baik agar tujuan dari madrasah dapat segera tercapai. Kata Kunci: Peran Kepemimpinan, Kedisiplinan, Tenaga Pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 08:19 | ||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2024 05:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6972 |
Actions (login required)
View Item |