Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Information and Technology (It) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Ananda, Zamriyao and Syaripah, Syaripah and Rahmadeni, Fevi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Information and Technology (It) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS INFORMATION AND TECHNOLOGY (IT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep dalam matematika sangat penting karena sebagai pondasi untuk penyampaian konsep selanjutnya, pemahaman konsep adalah salah satu kecakapan matematis yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Kurangnya pemahaman dalam matematika seringkali dapat membuat peserta didik kehilangan minat pada pelajaran dan mempengaruhi hasil belajar matematika mereka.Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum diajarkan dengan model mimd mapping berbasis information and technology (IT). 2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diajarkan dengan model mind mapping berbasis information and technology (IT). 3) Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis komparatif. Desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VIII MTs N 02 Kepahiang. Teknik pengambilan sampel adalah class random dan sampel penelitian yaitu kelas VIII F. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis (pretest dan post-test). Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta uji hipotesis menggunakan Uji- T PairedSampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model mind mapping menunjukkan 32,25 % siswa dalam kategori rendah, 35,50 % kategori sedang, dan 32,25% kategori tinggi dengan rata-rata kelas 60,94. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping menunjukkan 16,12% siswa dalam kategori rendah, 41,94% kategori sedang, dan 41,94% kategori tinggi dengan rata- rata kelas 74,07. 3)Perhitungan data penelitian diperoleh bahwa nilai sig < α, dimana nilai signifikannya sebesar 0.000 yaitu H0 ditolak. Menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis meningkat melalui pembelajaran dengan model pembelajaran mind mapping berbasis informatian dan technology (IT). Serta didapat sebesar 4,149 dengan 1,699. Karena signifikansi lebih kecil dari α dan > maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis IT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ananda, Zamriyaozamriyaoananda@students.iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:46
Last Modified: 17 Oct 2024 04:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item