Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Percaya Diri Siswa Kelas 2 SMPN 3 Rejang Lebong

Suci Ramadani, Dita and Sumarto, Sumarto and Febriansyah, Febriansyah (2024) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Percaya Diri Siswa Kelas 2 SMPN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DITA SUCI RAHMADANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidakpercayan diri siswa yang terjadi di SMPN 03 Rejang Lebong, yang mana didapati siswa yang memiliki kepribadian kurang percaya diri sehingga sulit bergaul dengan teman sebayanya. Hal itu tentunya menjadi salah satu masalah yang perlu di tangani. Maka peran guru Bimbingan Konseling memiliki fungsi dalam memberikan bantuan kepada individu agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling, perencanaan layanan bimbingan konseling serta dampak pelaksanaan layanan bimbingan konseling oleh guru bimbingan dan konseling dalam membangun rasa percaya diri siswa di SMPN 03 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif dilakukan dengan menuturkan dan menafsirkan data yang bekenaan dengan fakta, keadaaan, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan dijelaskan apa adanya. Teknik pengumpulan data di peroleh dari observasi, wawancara, studi Kepustakaan dan menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data, serta memeriksa keabsahan data dengan memanfaatkan triangulasi sumber, teknik, waktu/ data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Peran yang dilakukan guru bimbingan dan konseling di SMPN 03 Rejang Lebong dalam membangun kepercayaan diri siswa adalah dengan kepercayaan diri siswa diberikan layanan seperti layanan bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu, layanan informasi, dan layanan penguasaan konten. Serta berkoordinasi dengan berbagai pihak sebagai pendukung proses layanan. Kedua, Dampak yang diperoleh dari pelaksanan layanan bimbingan dan konseling dapat dikatakan baik. Sebagaimana keberhasilan yang diperoleh dari hasil evaluasi mana dilihat pada peruahan prilaku siswa yang mana siswa berani mengadapai permasalah yang dihapainya, siswa yang sudah mulai percaya diri menjawab soal, berkurangnya permasalahaa sosial anak terkait hubungan sosial, keberanian anak tampil di depan, dan nilai-nilai siswa yang meningkat di dalam pelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suci Ramadani, Ditadita.mhs@iain.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:22
Last Modified: 22 Jul 2024 08:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item