Strategi Guru dalam Menstimulus Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bustanul Afthal 1 Curup

Agustina, Farly and Rahman, Abdul and Putra, Muksal Mina (2024) Strategi Guru dalam Menstimulus Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bustanul Afthal 1 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Strategi Guru Dalam Menstimulus Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Afthal 1 Curup.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

FARLY, NIM. 20511014 “Strategi Guru Dalam Mestimulasi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Afthal 1 Curup”. Skripsi pada program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Curup. Konsentrasi belajar mutlak perlu dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan konsentrasi sangat besar pengaruhnya terhadap hasil serta tujuan dari pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini masih banyak siswa yang tidak berkonsentrasi saat pembelajaran maka penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui bagaimana konsentrasi belajar anak usia dini; 2) Mengetahui cara strategi guru dalam menstimulus konsentrasi belajar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas B2 dan B4. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama konsentrasi belajar anak dilihat dari prilaku kognitif prilaku yang bisa memecahkan suatu masalah pengetahuan, berfikir kritis, berfikir logis dan memiliki kesiapan atau kemampuan pengetahuan dalam belajar, prilaku efektif sikap anak yang memperhatikan materi atau mengemukakan suatu ide sehingga anak tertarik dengan media yang digunakan, prilaku psikomotor prilaku dimana anak berkonsentrasi dilihat dari gerakan anggota tubuhnya, prilaku Bahasa prilaku yang digunakan dalam berkonsentrasi biasanya bahasa yang digunakan baik dan benar. Ada dua faktor yang memperngaruhi konsentrasi belajar anak yaitu faktor eksternal berasal dari luar diri seseorang dan faktor internal berasal dari dalam diri seseorang. Kedua strategi guru dalam menstimulus konsentrasi belajar anak dengan cara mengecek kesiapan belajar, menggunakan metode yang menyenangkan, memberikan ice breaking ketika konsentrasi menurun dan memberikan hadiah atau apresiasi. Kata kunci: Strategi Guru, Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, Farlyfarly.mhs@iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdurahman@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:34
Last Modified: 22 Jul 2024 03:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item