Pengaruh Media Paksa (Papan Aksara) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Rejang Di Kelas Iv Sdn 32 Rejang Lebong

Mardianti, Dian and Wahyudi, Edi and Putra, Hastha Purna (2024) Pengaruh Media Paksa (Papan Aksara) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Rejang Di Kelas Iv Sdn 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Mardianti NIM. 20591049 "Pengaruh Media Paksa (Papan Aksara) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Rejang di Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong." Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Latar belakang dari penelitian ini menunjukan bahwa beberapa hal menyebabkan siswa tidak tertarik untuk belajar Aksara Rejang. Salah satunya adalah bahwa siswa tidak menggunakan media pembelajaran dan pelajaran dilakukan dengan metode konvensional, yang membuat siswa bosan dan bosan dengan materi. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan Papan aksara dapat digunakan sebagai alat pembelajaran karena warnanya lebih menarik perhatian siswa. Studi ini dilakukan untuk; 1) Menentukan kemampuan siswa kelas IV di SDN 32 Reajang Lebong untuk menulis huruf dengan papan aksara sebelum menggunakannya. 2) Ketahui bagaimana Papan Aksara mempengaruhi kemampuan siswa SDN 32 Rejang Lebong untuk menulis Aksara Rejang. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Studi ini menyelidiki satu grup dengan menggunakan desain pre-eksperimen dan jenis desain pre-eksperimen-post-eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Studi ini melibatkan siswa di kelas empat. Data dievaluasi dengan uji normalitas, hipotesis, dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN 32 Rejang Lebong yang memiliki kemampuan menulis aksara Rejang sebelum menggunakan media Papan Aksara (tes pra-tes) menerima nilai rata-rata sebesar 51 dan berada dalam kategori rendah. Penelitian juga menemukan bahwa penggunaan media Papan Aksara berdampak pada kemampuan menulis aksara Rejang siswa. Ditunjukkan oleh nilai thitung 17,857 dan nilai tabel = 1.745, dengan n=16 dan a=0,05. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi dua ekor = 0,00 ≤ 0,05 sesuai dengan kriteria uji tes. Jika signifikasi dua ekor lebih rendah dari 0,05, maka Ho ditolak dan H, diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu Papan Aksara efektif atau dapat mempengaruhi kemampuan siswa kelas IV SDN 32 Rejang Lebong untuk menulis Aksara Rejang. Kata Kunci: Media Papan Aksara, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mardianti, Diandianmardianti. mhs@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Putra, Hastha Purnahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:46
Last Modified: 19 Jul 2024 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item