Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 29 Rejang Lebong

Mardiani, Nedia and Komalasari, Bakti and Zakiyah, Zakiyah (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Teks (3) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMP N 29 Rejang Lebong lingkungan sekolah yang ada belum bersih, siswa-siswi banyak yang tidak rapi dalam berpakian, buang sampah sembarangan, kamar kecil yang begitu menyengat baunya, hal ini mencerminkan hal yang buruk dan belum adanya. pengaplikasian siswa terhadap kebersihan itu sendiri. Yang mana seharusnya lingkungan sekolah harus bersih dan rapi sehingga suasana sekolah. menyenangkan untuk di pandang dan akan terasa nyaman dalam proses belajar mengajar. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman tapi pada kenyataannya banyak yang terabaikan. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran guru PAI dalam memberikan pemahaman tentang kebersihan dan 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam memberikan pembinaan tentang kebersihan terhadap siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam memberikan pemahaman tentang kebersihan di antaranya: 1) Guru sebagai pengajar membiasakan peserta didik mengamalkan kebersihan sebagian dari iman 2) Guru sebagai Pembimbing memberikan nasihat dalam proses pembelajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah 3) Guru sebagai Ilmuan mendidik dalam menjaga kebersihan kelas, kebersihan kuku dan kebersihan taman, dan membiasakan menyiram tanaman serta menumbuhkan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan daur ulang 4) Guru sebagai pemimpin merencanakan pembelajaran dan mampu mengorganisir lingkungan agar peserta didik mudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. 5) Guru memiliki kepribadian yang baik, menjadi teladan bagi peserta didik serta berakhlak mulia.dan Kendala yang dihadapi guru PAI dalam memberikan pembinaan. tentang kebersihan terhadap siswa yaitu masih ada siswa membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga lingkungan sekolah sesuai dengan yang disampaikan oleh guru. Akan tetapi dengan adanya problem tersebut dapat diatasi dengan memberikan arahan lebih baik lagi, karena setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda sehingga kita perlu penanganan memberikan arahan seperti sikap spiritual dan tegas kepada siswa agar bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman. Kata Kunci: Guru PAI, Kebersihan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mardiani, Nedianedia.mhs@iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Zakiyah, Zakiyahzakiyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:51
Last Modified: 19 Jul 2024 02:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item