Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong

Saputri, Cindi and Arbani, Wiwin and Putra, Muksal Mina (2024) Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI_CINDI SAPUTRI_20591039_PGMI.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK CINDI SAPUTRI, NIM.20591039 “Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Probing-Promting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, kemudian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Promting terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 72 Rejang Lebong. Jenis Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 23 siswa di kelas IV A sebagai kelas Kontrol, 21 siswa dikelas IV B sebagai kelas Eksperimen. Adapun teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan menggunakan uji prasyarat Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Berdasarkan hasil Penelitian ini terdapat pengaruh model Probing-Promting terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata Posttest 71,30 dikelas IV A (kontrol) dan 80,48 dikelas IV B (eksperimen). Dilelbuktilelkan delngan hasilell analilelsilels uji independent samples t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model probing-promting dan kelas eksperimen yang menggunakan model probing-promting di kelas IV . Jadilel,,,,,, pelnggunaan moeldell pelmbellajaran Proelbilelng-Proelmtilelng dapat belrpelngaruh telrhadap hasilell bellajar IlelPA silelswa kellas IlelV SDN 72 Reljang Lelboelng. Kata kunci : Model Pembelajaran Probing-Promting, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputri, Cindicindi@iaincurup.ac.id
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:29
Last Modified: 16 Jul 2024 08:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6674

Actions (login required)

View Item View Item