Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa di SMAN 2 Rejang Lebong

Rahmaniar, Yessy and Sutarto, Sutarto and Idris, Muhammad (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa di SMAN 2 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI SMAN 2 REJANG LEBONG.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan instrumen penting untuk mencapai tujuan individual dan sosial, serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan di Indonesia, dengan tujuan mengembangkan akidah, akhlak, dan pengetahuan siswa. Undang-undang dan peraturan mendukung pentingnya PAI, yang kini berada pada posisi ideal dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan indikator dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kreativitas siswa di SMAN 2 Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptip Kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Siswa kelas XI IPA dan Kepala Sekolah. Jenis data yang digunakan peneliti ialah menggunakan data primer dan data skunder. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik anlisis data yang digunakan penulis ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran PAI pada siswa di SMAN 2 Rejang Lebong. Hasil observasi di lapangan juga menunjukkan bahwa kreativitas mengalami peningkatan dengan mengacu kepada indikator peningkatan yang ditandai dengan siswa dapat mengungkapkan ide atau pendapatnya, memberikan informasi baru tentang materi pelajaran, memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap pembelajaranPendidikan Agama Islam, siswa berani untuk mengkritisi terhadap peristiwa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan lain-lain. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kreativitas Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmaniar, Yessyyessyrhn@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:25
Last Modified: 17 Jul 2024 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item