Analisis Pemanfaatan Waktu Senggang dalam Pengembangan Diri Siswa di SMAN 6 Kepahiang

Safitri, Linda and Purnama Sari, Dewi and Ristianti, Dina Hajja (2024) Analisis Pemanfaatan Waktu Senggang dalam Pengembangan Diri Siswa di SMAN 6 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULL TEKS LINDA SAFITRI.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Pada umumnya setiap siswa mempunyai waktu senggang dimana mereka bebas melakukan kegaitan apapun yang mereka inginkan. Fenomena yang muncul dari penelitian ini menggambarkan bahwa siswa di tingkatan pendidikan menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan waktu senggang mereka untuk pengembangan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis aktivitas yang siswa lakukan untuk mengisi waktu senggangnya, alasan dari pemilihan. aktivitas terssebut serta mengetahui dampak aktivitas tersebut terhadap pengembangan diri siswa SMAN 6 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data pada penelitian ini didapatkan dari sumber utama yaitu siswa/i SMAN 6 Kepahiang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data serta teknik keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di SMAN 6 Kepahiang didapatkan hasil bahwa, 1) Aktivitas/kegiatan siswa dalam mengisi waktu senggang, ada kegiatan yang bertujuan seperti bermain handphone untuk mengakses aplikasi belajar, membaca baik dengan buku langsung maupun melalui aplikasi baca, latihan fisik, serta menonton film/series untuk belajar. Tetapi ada juga kegiatan yang tidak bertujuan, seperti bermain handphone untuk mengakses game atau berselancar di sosial media sekedar mencari hiburan. 2) Alasan siswa memilih aktivitas/kegiatan tersebut ada yang digunakan sebagai wadah menyalurkan hobi, minat serta bakat yang dimiliki. Tetapi ada juga yang hanya digunakan sekedar untuk menghabiskan waktu saja daripada tidak melakukan kegiatan apapun. 3) Dampaknya kepada siswa yang mengisi waktu senggang dengan aktivitas/kegiatan yang memiliki tujuan bermanfaat untuk pengembangan potensi dirinya, sementara siswa yang mengisi waktu senggangnya dengan aktivitas/kegiatan yang tidak bertujuan akan terlena yang menyebabkan tidak menjalankan kewajibannya sebagai seorang siswa sehingga tentu akan menghambat proses belajarnya. Kata Kunci: Waktu Senggang, Pengembangan Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri, Lindalindasafitri.mhs@iaincurup.ac.id
Purnama Sari, Dewidewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:04
Last Modified: 17 Jul 2024 03:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item