Pengaruh Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Melalui Metode Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong

Hidayati, Amalia and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Penggunaan Media VCD (Video Compact Disc) Melalui Metode Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 24 oktober 2023 bahwa peserta didik belum mencapai literasi sains yang maksimal yang ditunjukkan dengan belum tercapainya indikator literasi sains. Penyebab literasi sains siswa belum terbentuk karena dalam proses pembelajaran IPA siswa hanya menghafal konsep dan teori saja, dan belum mampu dalam menerapkan konsep yang dimiliki, sehingga perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains pembelajaran IPA kelas V SDN 13 Rejang Lebong, dan diketahui bahwa kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 40 Orang siswa dari kelas V A sebanyak 20 siwa dan V B sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui non-tes unjuk kerja berupa tes soal kemampuan literasi sains dan Dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar soal pilihan ganda kemampuan literasi sains siswa. Adapun teknik analisis data yaitu dengan persyaratan Normalitas, Homogenitas, Dan Uji Hipotesis berupa uji independent sampel test untuk mengetahui pengaruh terhadap penggunaan VCD (Video Compact Disc) melalui metode treasure hunt Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 8,125. Sedangkan nilai ttabel untuk α = 0,05 dengan df = 19, berarti thitung > ttabel (8,125 > 2,024), dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen setelah diajar dengan menggunakan media VCD (Video Compact Disc) dan kelas kontrol setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Yang artinya ada perbedaan yang besar dari media VCD (Video Compact Disc) melalui metode treasure hunt terhadap kemampuan literasi sains pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 13 Rejang Lebong. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kelas posttes eksperimen dan kontrol sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara kemampuan literasi sains pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh yang besar dari dari media VCD (Video Compact Disc) melalui metode treasure hunt terhadap kemampuan literasi sains pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 13 Rejang Lebong. Dengan jumlah rata- rata kelas posttes eksperimen 75,75 sedang kan posttes kontrol 61,60. Kata kunci: Media VCD (Video Compact Disc), Metode Treasure Hunt, Kemampuan Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayati, Amaliaamalia.mhs@iaincurup.ac.id
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosiyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:59
Last Modified: 16 Jul 2024 03:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item