Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kampung Delima Rejang Lebong

majid, nurkholis and Masudi, Masudi and Komalasari, Bakti (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kampung Delima Rejang Lebong. Sarjana thesis, Intitut Agama Islam Negeri.

[img] Text
full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan hasil usaha untuk belajar dan juga dapat dilihat sebagai suatu usaha yang membawa peserta didik dalam pengalaman belajar sehingga bisa menimbulkan tenaga dan aktivitas siswa serta memfokuskan pertahian siswa pada suatu waktu tertentu untuk mencanpai suatu tujuan. Oleh karena itu, Pendidik sangat berperan penting dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kampung Delima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih serta faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar Metode pnelitian menggunakan pendektan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam, Wakil Kepala Bidang Akademik, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipeoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, pnyajian ata dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, Strategi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan membimbing siswa saat pembelajaran berlangsung, memberikan suasana belajar yang menyanangkan saat pembelajaran berlangsung dan guru juga memberi pujian kepada siswa. Faktor penghambat dan pendukung strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu : Faktor Pendukung, adanya dukungan dari orang tua terhadap proses pembelajaran siswa, minat dan motivasi siswa terhadap belajar ilmu fiqih, adanya dukungan dari sekolah dalam meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa dan suasana sekolah yang jauh dari keramaian. Kata kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
majid, nurkholisnurkholis.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:06
Last Modified: 16 Jul 2024 03:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item View Item