Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong

Pribadi, Dantia Arum Endah and Arbaini, Wiwin and Putra, Muksal Mina (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Dantia.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

DANTIA ARUM ENDAH PRIBADI, NIM 20591040 “Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 13 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, siswa ribut dan mengganggu teman lainnya serta strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SDN 13 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kemampuan minat belajar matematika awal dan akhir antara kelompok eksperimen dan kontrol siswa kelas V SD Negeri 13 Rejang Lebong; 2) Mengetahui penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran rotating trio exchange akan berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Rejang Lebong Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 13 Rejang Lebong dengan sampel 45 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket (pretest dan posttest) dan dokumentasi, serta teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil kemampuan awal dan akhir minat belajar pada pembelajaran matematika kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 63,61 dan posttest sebesar 81,09. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai Pretest sebesar 61,05 dan Posttest sebesar 88,45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata kemampuan awal siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kemampuan akhir siswa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata berdasarkan pengujian independent sampel t-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Berdasarkan pengujian hipotesis paired sampel test diketahui nilai Sig.( 2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara minat belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh strategi pembelajaran rotating trio exchange (variabel X) terhadap minat belajar (variabel Y) dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Kata kunci : Minat Belajar Matematika, Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pribadi, Dantia Arum Endahdantiaarum.mhs@iaincurup.ac.id
Arbaini, Wiwinwiwinarbaini@iain.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:28
Last Modified: 15 Jul 2024 08:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item