Implementasi Knowledge Management di Lembaga Pendidikan ( Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Khoiru Ummah Rejang Lebong )

Enes, Utami Okta Ria and Rahman, Abdul and Apriani, Eka (2024) Implementasi Knowledge Management di Lembaga Pendidikan ( Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Khoiru Ummah Rejang Lebong ). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Utami Okta Ria Enes, 22861022, Implementasi Knowledge Management di Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Khoiru Ummah Rejang Lebong), Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2024. 152 halaman Era baru sekarang ini seringkali disebut dengan era informasi atau era pengetahuan, yang ditandai dengan mengemuka nya pengetahuan sebagai sebuah kekuatan yang mampu membawa arah sebuah organisasi atau lembaga pendidikan. Dengan demikian implementasi knowledge management (manajemen pengetahuan) dilembaga pendidikan sangat penting untuk diterapkan, karena lembaga pendidikan adalah sebuah lembaga untuk menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis secara menyeluruh bagaimana knowledge management diterapkan di lembaga pendidikan, khususnya di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, terkait dengan peningkatan kebijakan di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sumber data didapatkan dari kepala sekolah, waka wurikulum, waka kesiswaan, waka BPI, waka T2Q dan beberapa guru di SDIT Koiru Ummah Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi knowledge management di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, terdapat beberapa proses diantaranya knowledge discovery (penemuan pengetahuan), knowledge capture (penangkapan pengetahuan), knowledge sharing (berbagi pengetahuan), dan knowledge application (penerapan pengetahuan) sebagai langkah dalam meningkatkan kebijakan pendidikan. Dengan melihat beberapa aspek penting diantaranya aksesibilitas, kualitas pendidikan, pengelolaan sumber daya, dan rencana jangka panjang. Kata Kunci : Knowledge Management, Kebijakan Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Enes, Utami Okta Riautamioktariaenes@student.iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Apriani, Ekaeka.apriani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:03
Last Modified: 15 Jul 2024 08:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item View Item