Pengaruh Genially Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SDN 88 Rejang Lebong

Rahayu, Ferra Puji and Syaripah, Syaripah and Anisya, Septiana (2024) Pengaruh Genially Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SDN 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 88 Rejang Lebong, ditemukan bahwa guru belum menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan menggunakan aplikasi Genially dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, dan apakah ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Posing menggunakan aplikasi Genially terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Time Series. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus atau sampling total, di mana semua siswa kelas VI menjadi sampel. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk guru dan siswa, serta tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik deskriptif dan uji analisis inferensial, seperti uji normalitas dan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan menggunakan aplikasi Genially memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 90.34%, sementara aktivitas siswa mencapai 90.83%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini sangat efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan kinerja baik guru maupun siswa. Berdasarkan analisis deskriptif hasil Posttest mendapatkan nilai rata-rata 82.74dengan standar deviasi 7.47. Hasil analisis inferensial penggunaan model pembelajaran Problem Posing dengan menggunakan aplikasi Genially terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berpengaruh secara signifikan yaitu nilai Sig. (2.tailed) sebesar 0.000 yang berarti "H" _"o" ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, Ferra Pujiferrapuji.mhs@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Anisya, Septianasyaiful@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:19
Last Modified: 15 Jul 2024 03:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item