Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Modul Ajar Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Khoiru Ummah

Liani, Evi and Yanuarti, Eka and Daheri, Mirzon (2024) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Modul Ajar Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EVILIANI Lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum 2013 (k13) menjadi kurikulum merdeka maka dari itu peneliti mengambil judul kompetensi guru Pendidikan agama Islam dalam mengembangkan modul ajar di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Khoiru Ummah dengan adanya perubahan kurikulum k13 menjadi kurikulum Merdeka belajar berubahlah pula semua perangkat pembelajaranya jika di k13 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), namun pada kurikulum merdeka menjadi modul ajar. Modul ajar adalah seperangkat perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang nantinya digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai pedoman guru mengajar langkah langkah guru mengajar bagaimana bisa tercapai dengan baik dengan adanya modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi kompetensi guru PAI dalam mengembangkan modul ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini mengunakan teknik triangulasi sumber data triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan modul ajar adalah 1) Kompetensi pendagogik berperan penting dalam proses perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan penguasaan guru dalam membuat a) komponen informasi umum, b) kemampuan guru dalam membuat komponen inti, serta kemampuan guru dalam membut d) lampiran sehingga kompetensi guru dapat membuat dan mengembangkan modul ajar dengan baik dan benar. Memberikan ruang pnyesuaian modul ajar dengan pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting agar pembelajaran di kelas bisa tercapai sesuai dengan modul ajar Kata Kunci : Kompetensi, Guru PAI, Mengembangkan Modul Ajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Liani, Evieviliani@students.iaincurup.ac.id
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:33
Last Modified: 15 Jul 2024 07:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item