Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 06 Bermain Ilir

Andira, Delvisa and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 06 Bermain Ilir. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Delvisa, fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siswa tidak terlalu aktif dan semangat saat belajar menoton. Salah satu tanggung jawab guru adalah menyediakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Kurikulum bebas membuat belajar menyenangkan dan memenuhi kebutuhan siswa. Untuk menggabungkan materi dengan cara yang menyenangkan, guru dapat menggunakan media interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) 1. Mendeskripsikan penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di kelas I dan IV SD Negeri 06 Bermani Ilir. 2)Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Media Pembelajaran Interkatif Kurikulum Merdeka Belajar di kelas I dan IV SD Negeri 06 Bermai Ilir. Penelitian lapangan ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Studi ini melibatkan kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan matematika, dan siswa kelas I dan IV di SD Negeri 06 Bermani Ilir. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, dokumentasi, dan wawancara, dan teknik analisis data seperti reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Penggunaan media pembelajaran interaktif di SD Negeri 06 Bermani Ilir berjalan dengan baik. Namun, para guru selalu berupaya secara maksimal agar pembelajaran media interaktif tersebut dapat berjalan dengan efektif. 2) Faktor penghambat dalam penggunaan media pembelajaran interaktif di SD Negeri 06 Bermani Ilir adalah kurangnya jaringan internet dan lokasi sekolah yang sulit dijangkau. Namun, faktor pendukungnya adalah adanya fasilitas seperti infokus dan sound system, serta dukungan penuh dari kepala sekolah, siswa, dan lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam penerapannya. Akan tetapi faktor penghambat tersebut dapat diminimalisir oleh faktor pendukung dalam penggunaan media interaktif tersebut. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andira, Delvisadelvisaandira.mhs@iaincurup.ac
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:22
Last Modified: 14 Jul 2024 09:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item