Pemanfaatan Metode Pembelajaran Poster Comment Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Tematik Siswa Kelas V SDIT Khoiru Ummah

Aulia, Fatia Rahmatul and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2024) Pemanfaatan Metode Pembelajaran Poster Comment Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Tematik Siswa Kelas V SDIT Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran peserta didik masih belum terlatih pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Tematik menggunakan metode poster comment . Indikator berpikir kreatif yaitu seperti fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Penelitian ini memliki tujuan untuk mengetahui : 1) Pemanfaatan metode poster comment terhadapkan kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran Tematik, 2) Hambatan yang mempengaruhi pemanfaatan metode pembelajaran Poster comment terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran siswa kelas V SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada SDIT Khoiru Ummah di kelas V. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1.) Pemanfaatan metode poster comment dalam pembelajaran dapat secara efektif mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan indikator-indikator seperti fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Adapun bentuk pemanfaatan metode pembelajaran poster comment terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran tematik kelas V berupa: Pengenalan konsep dan tema, penjelasan metode poster comment, pembagian kelompok, pembuatan poster, sesi presentasi dan komentar, serta refleksi dan evaluasi. Dengan menerapkan metode pembelajaran poster comment, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, kolaboratif, dan kreatif dalam pelajaran tematik kelas V. Penggunaan metode pembelajaran poster comment tentunya sangat akan membantu keefektifitasan dalam proses belajar. memberikan motivasi serta rangsangan dalam kegiatan belajar dan juga mengajar. 2.) Hambatan dalam menggunakan metode pembelajaran poster comment terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran tematik, hambatan yang dirasakan guru dan juga siswa seperti proses menyiapkan poster memberikan waktu yang cukup lama supaya poster yang dibuat itu benar- benar dapat dipahami oleh siswa. Tingkat keterlibatan, kurang termotivasi, kesulitan kolaborasi atau berkerja sama .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aulia, Fatia Rahmatulfatiaaulia.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:44
Last Modified: 12 Jul 2024 08:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item View Item