Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Berita pada Siswa Kelas V SDN 65 Lebong

Kurniati, Feni and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Berita pada Siswa Kelas V SDN 65 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skrip feni rilll.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 21 Oktober bahwa kemampuan menulis eksposisi berita peserta didik kelas V SDN 65 Lebong masih menjadi suatu hal yang kurang diminati dan kurang mendapat respon yang baik dari siswa. Mereka menganggap remeh Pelajaran menulis. Menurut mereka, menulis kegiatan yang mudah. Siswa tampak mengalami kesulitan dalam menulis teks eksposisi baik penguasaan ejaan, tanda baca, kosa kata, pilihan kata maupun cara penyusunan kalimat dengan struktur penulisan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis eksposisi berita siswa Kelas V SDN 65 Lebong, dan diketahui bahwa kemampuan menulis eksposisi berita masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 65 Lebong. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 26 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan non-tes unjuk kerja berupa kuesioner kemampuan menulis eksposisi berita. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar kuesioner. Adapun teknik analisis data yaitu dengan persyaratan Normalitas, Homogenitas, Dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis eksposisi berita siswa kelas One group pretest-posttest design diperoleh thitung sebesar 6.045. Sedangkan nilai ttabel untuk α = 0,05 dengan df=18, berarti thitung > ttabel (6.045 > 172472), dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis eksposisi berita siswa kelas one group pretest-posttest design setelah diajar dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Yang artinya ada perbedaan yang besar dari metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan menulis eksposisi berita pada siswa kelas V SDN 65 Lebong. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kelas posttest dan pretest sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara kemampuan menulis eksposisi berita pada pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh yang besar dari metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan menulis eksposisi berita pada siswa kelas V SDN 65 Lebong. Dengan j

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurniati, Fenifenikurniati.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:20
Last Modified: 12 Jul 2024 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6560

Actions (login required)

View Item View Item