Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sd Negeri 18 Rejang Lebong

Listiani, Listiani and Sutarto, Sutarto and Siswanto, Siswanto (2024) Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sd Negeri 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext - Copy.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih berperan aktif pada saat proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Tema-tema yang di pilih dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning 2) Untuk mengetahui pelaksanaan model Project Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam 3)Untuk Mengetahui Dampak penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa siswi kelas V SD Negeri 18 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. sumber data skunder dalam penelitian ini antara lain Modul ajar dan dokumentasi. kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa tema yang digunakan dalam penerapan model pembelajaran project based learning yaitu pada tema, Aku anak shaleh, hidup Lapang Dengan Berbagi, hidup Damai Dalam Kebersamaan, ibadah haji dan qurban. Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti, yang dimana siswa diberi tugas untuk menyelesaikan proyek yang kemudian akan dipresentasikan, dan penutup. Ketiga kegiatan tersebut mencakup penentuan pertanyaan mendasar, menyusun rencana, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil dan evaluasi pengalaman. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning berdampak pada keaktifan, kreativitas, motivasi belajar, pemahaman siswa terdahap materi pembelajaran dan juga berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Pembelajaran PAI, dan Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Listiani, Listianilistiani@students.iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:20
Last Modified: 15 Jul 2024 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item