Pengaruh Penggunaan Aplikasi Let’s Read Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang

Baroka, Irnanda Dwi and Arbani, Wiwin and Misriani, Agita (2024) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Let’s Read Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IRNANDA DWI BAROKA (20591089).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Irnanda Dwi Baroka, NIM (20591089) “Pengaruh Metode Mendongeng Dengan Aplikasi Let’s Read Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di Mis Guppi 12 Lubuk Kembang”. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru serta ketidak mampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya secara sederhana. Hal ini dibuktikan dari 20 siswa dalam satu kelas, tidak ada satu pun siswa yang mampu menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan oleh guru secara sederhana. Maka dari itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Let’s Read terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penilitian Kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian Kuantitatif jenis One Group Pretest Postest Design memiliki 3 tahapan, yaitu pre test, pemberian perlakuan (treatment), dan post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah adanya pengaruh atau dampak positif atas penggunaan aplikasi Let’s Read terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang. Hal ini dibuktikan dari hasil data pre test dan post test yang didapat menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 25 yang menunjukkan Zhitung 4.053 dan sig ,000. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Metode Mendongeng, Aplikasi Let’s Read, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Baroka, Irnanda DwiIrnandadb.mhs@iaincurup.ac.id
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:49
Last Modified: 12 Jul 2024 07:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item