syaputra, erwin and Harmi, Hendra and Sumarto, Sumarto (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Kelas 5 Sd N 08 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. peran guru pendidikan agama islam sangat diperlukan dalam meningkatkan hafalan Qur’an siswa kelas 5 di SD N 08 Kepahiang ini dari ini peneliti akan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar N 08 Kepahiang, proses meningkatkan hafalan Qur’an siswa kelas 5 di Sekolah Dasar N 08 Kepahiang, serta dampak peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap hafalan Qur’an siswa kelas 5 SD N 08 Kepahiang. Menurut UUD 1945, pengertian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencentak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta serta bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungannya. di Sekolah Dasar inilah siswa dituntut untuk menguasai kesemua bidang studi, bagaimana cara menyelesaikan masalah. Akan tetapi, pembelajaran tidak hanya dilakukan di sekolah saja, diluar sekolahpun sama saja itu merupakan suatu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunkan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitiannya adalah peranan seorang guru PAI di kelas 5 terhadap meningkatnya hafalan Qur’an siswa-siswinya kelas 5 di SD N 08 Kepahiang. Proses meningkatkan hafalan Qur’an siswa dilakukan di dalam kelas maupun luar kelas. Berdampak pada siswa-siswa kelas 5 terhadap meningkatnya hafalan mereka serta kerja sama antara guru dengan Orang Tua siswa sehingga di terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar N 08 Kepahiang selalu memaksimalkan perannya sebagai guru PAI agar siswa-siswi kelas 5 lebih mendapatkan pembelajaran yang lebih efektif. pada proses hafalan qur’an siswa kelas 5 telah bagus namun ada baiknya lebih di maksimalkan kembali agar mendapatkan tujuan yang memuaskan terutama dalam menghafal Al-Qur’an. Dampak dari peran guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa telah baik sehingga siswa-siswi telah menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari mereka misalnya adap sopan santun. Kata kunci : Peran Guru, PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:51 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:51 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6534 |
Actions (login required)
View Item |