Analisis Gaya Mengajar Guru Dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTS N 01 Kepahiang

Fornama Dewi, Vemi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Cikdin, Cikdin (2024) Analisis Gaya Mengajar Guru Dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTS N 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Vemi Fornama Dewi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadis siswa kelas VII termasuk dalam kategori yang nilainya masih kurang dari KKM atau tidak tuntas. Hal ini dapat disebabkan dari faktor internal seperti minat siswa, motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan kecerdasan. Ada faktor eksternal seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, Guru memiliki gaya mengajar dari cara menjelaskan materi sampai cara mengkondisikan suasana belajar mengajar. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai gaya mengajar guru dan kaitannya dengan hasil belajar siswa yang ada di di MTs N 01 Kepahiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis Kelas VII di MTs N 01 Kepahiang dan bagaimana gaya mengajar guru dan kaitannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qu’ran Hadis Kelas VII di MTs N 01 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadis dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan Guru al-Qur’an Hadis Kelas VII di MTs N 01 Kepahiang guru menerapkan gaya mengajar klasik dan gaya mengajar interaksional. Dalam proses pembelajaran terdapat faktor Pendukung dan penghambat gaya mengajar guru yaitu pada kesiapan guru dan kesiapan siswa sedangkan penghambatnya penyesuaian jam pelajaran. Gaya mengajar guru sangat erat kaitannya dengan hasil belajar siswa. seperti gaya mengajar guru yang baik akan berpengaruh baik juga terhadap hasil belajar siswa. Untuk itulah pentingnya gaya mengajar guru lebih bervariasi untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Kata kunci: Gaya Mengajar; Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fornama Dewi, Vemivemi.mhs@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:48
Last Modified: 11 Jul 2024 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6533

Actions (login required)

View Item View Item