Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Siswi Tomboi di SMKN 1 Rejang Lebong

Siagian, Futri Hawani and Fadila, Fadila and Febriansyah, Febriansyah (2024) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Siswi Tomboi di SMKN 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULL Teks.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Setiap individu pada dasarnya mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan fisik dan psikologis, salah satunya adalah dengan dorongan terhadap seorang siswi dalam berperilaku bagaimana layaknya seorang perempuan. Pemenuhan kebutuhan tersebut harus dengan cara yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Namun dalam pemenuhannya bentuk perilaku siswa terkadang tidak sesuai dengan kebutuhannya salah satunya adalah bentuk perilaku siswi tomboi yang harus dihindari yaitu adanya ketertarikan dengan sesama perempuan yang disebut juga dengan istilah lesbian. Penelitian ini bertujuan untuk megungkapkan masalah yang ada di SMKN 1 Rejang Lebong yang pertama bagaimana bentuk perilaku siswi tomboi di SMKN 1 Rejang, yang kedua upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku siswi tomboy di SMKN 1 Rejang Lebong, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswi dan dua orang guru BK. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dengan melakukan wawancara terhadap subjek, mengamati tingkah laku subjek selama wawancara berlangsung dan lingkungan pergaulan subjek. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk perilaku siswi tomboi yaitu dari factor dari orang tua dan dari lingkungan sehingga terkadang seorang perempuan berperilaku seperti laki-laki kerena sudah dari orang tuanya dibiasakan dan upaya yang dilakukan guru BK dengan cara memberikan layanan informasi tentang bagaimana berperilaku layaknya seorang perempuan. Akan tetapi dalam mengatasi bentuk perilaku pada siswi guru BK sulit untuk mengetahui perkembangan anak, dan kendala yang dialami Guru BK itu adalah ketika siswi tersebut sudah memiliki komunitas akan sulit untuk berubah seperti perempuan pada umumnya. Kesimpulan dari upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku siswi tomboy dengan cara mendekatkan diri terdahulu kepada siswi akan dapat mengetahui apa factor dari siswi tersebut berperilaku tomboi. Kata Kunci :Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling dalam mengatasi prilaku tomboi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Siagian, Futri Hawanifutrisiagian.mhs@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:10
Last Modified: 11 Jul 2024 08:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item