Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata pelajaran IPAS Kelas IV di MIM 10 Karang Anyar

Puspitasari, Eka and Wahyudi, Edi and Putra, Hastha Purna (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata pelajaran IPAS Kelas IV di MIM 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

Eka Puspitasari NIM.20591059 “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata pelajaran IPAS Kelas IV Di MIM 10 Karang Anyar.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah saat ini perlu di tingkatkan karena kurangnya kepekaan siswa terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitarnya. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkannya. Dari permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7e. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah siswa kelas IVB sebelum menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e, 2) untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan literasi sains kelas IVB MIM 10 Karang Anyar, dan 4) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap sikap ilmiah kelas IVB MIM 10 Karang Anyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian terdiri dari satu kelompok (One Group Pretest-Postest). Penelitian ini dilakukan melalui non-tes di kelas IVB MIM 10 Karang Anyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebelum menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah kelas IVB memiliki nilai rata-rata yang rendah. 2) Setelah diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e terdapat pengaruh yang signifikan siswa kelas IVB pada hasil nilai posttest kemampuan literasi sains sebesar 80,70 dan sikap ilmiah sebesar 81,14, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan literasi sains terbukti dengan hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-Failed) pada nilai pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05, diartikan bahwa terdapat pengaruh pada perlakuan maka, H_a diterima dan H_0 di tolak pada taraf α= 0, 05, dan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap sikap ilmiah siswa kelas IVB dibuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-Failed) yaitu 0,000 < 0,05, diartikan bahwa terdapat pengaruh pada perlakuan maka, H_a diterima dan H_0 di tolak pada taraf α= 0, 05. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Learning Cycle 7E, Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Puspitasari, Ekaekapuspitasari.mhs@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Putra, Hastha Purnahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:45
Last Modified: 11 Jul 2024 02:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item