Pemahaman Siswa Terhadap Potensi Dan Identitas Diri Serta Rencana Guru Bimbingan Konseling Dalam Menindaklanjutinya Di SMPN 5 Rejang Lebong (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 5 Rejang Lebong)

Regina, Eggi and Purnama Sari, Dewi and Sumarto, Sumarto (2024) Pemahaman Siswa Terhadap Potensi Dan Identitas Diri Serta Rencana Guru Bimbingan Konseling Dalam Menindaklanjutinya Di SMPN 5 Rejang Lebong (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 5 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Eggi Regina Putri.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti di SMPN 5 Rejang Lebong permasalahan umum yang terjadi adalah ditemukan banyak siswa yang masih belum tahu potensi diri dan identitas dirinya, seperti masih ada siswa bolos sekolah yang dibuktikan dari kehadiran siswa setiap harinya dan berkelahi pada jam pelajaran yang tidak ada gurunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pemahaman siswa terhadap potensi diri, 2) pemahaman siswa terhadap identitas diri, 3) rencana guru bimbingan konseling dalam menindaklanjutinya pada kelas VII di SMPN 5 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kombinasi (mixed methods) dengan model sequential explanatory design yaitu model ini adalah pengumpulan dan analisis data pada tahap pertama adalah data kuantitatif dan tahap kedua adalah data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 5 Rejang Lebong yang berjumlah 235. Dari populasi digunakan taraf signifikan 5% berdasarkan tabel Yamane dan Isaac maka jumlah sampel diperoleh sampel 148 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan persentase dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SMPN 5 Rejang Lebong terhadap potensi diri sebagian besar siswa masih belum memahami potensi dirinya terutama pada potensi fisik, kecakapan khusus, menyalurkan kecakapan khusus yang dimiliki secara positif. Pada pemahaman siswa SMPN 5 Rejang Lebong terhadap identitas diri sebagian besar siswa masih belum memahami identitas dirinya tetapi pada aspek tertentu sudah paham terutama pada perannya sebagai siswa, sebagai anak dan sudah mempunyai rencana untuk melanjutkan sekolah lanjutan yang diinginkan, dan berharap tingkah lakunya sesuai dengan tujuan dan makna hidup. Rencana tindak lanjut guru Bimbingan dan Konseling pada pemahaman siswa terhadap potensi diri yaitu layanan informasi, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, dan instrumen tes dengan menggunakan tes psikologi. Sedangkan dalam membantu siswa memahami identitas diri diberikan layanan Bimbingan dan Konseling berupa layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok yang berkaitan dengan kepribadian diri siswa dan bimbingan karir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Regina, Eggieggiregina.mhs@iaincurup.ac.id
Purnama Sari, Dewidewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:17
Last Modified: 11 Jul 2024 02:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6498

Actions (login required)

View Item View Item