Implementasi Pelaksanaan Layanan Responsif Dalam Mengatasi Bullying Di SMP Negeri 03 Rejang Lebong

Onedyra, Ayu and Hartini, Hartini and Fadila, Fadila (2024) Implementasi Pelaksanaan Layanan Responsif Dalam Mengatasi Bullying Di SMP Negeri 03 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi Ayu Onedyra S.Pd (3).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus bullying yang terjadi di instansi pendidikan yang seharusnya menjadi perhatian bagi semua komponen sekolah terkhusus guru bimbingan dan konseling. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan utama layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu untuk membantu peserta didik dapat mencapai proses perkembangan dengan baik. Maka dari itu guru bimbingan dan konseling harus melakukan tindakan segera terhadap penanganan kasus bullying ini, yaitu dengan melaksanakan layanan responsif atau sering dikenal dengan layanan segera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk prilaku bullying, pelaksanaan layanan responsif dalam mengatasi prilaku bullying dan hambatan dan upaya guru BK dalam melaksanakan layanan responsif di SMPN 03 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu suatu penyelidikan yang dilakukan dalam kehidupan atau objek yang sebenarnya. Peneliti mencari data mengenai konsep yang di bahas dari subjek penelitian yaitu guru BK, siswa SMPN 03 Rejang Lebong, dan wali kelas. Teknik pengumpulan data di peroleh dari observasi, wawancara, doumentasi dan menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data, serta memeriksa keabsahan data dengan memanfaatkan triangulasi sumber, teknik, waktu/ data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, bentuk bentuk bullying yang di alami siswa SMPN 03 Rejang Lebong yaitu bullying verbal, bullying fisik, dan bullying psikologis. Kedua Pelaksanaan layanan responsif dalam mengatasi prilaku bullying yang di terapkan oleh guru BK dalam di SMPN 03 Rejang Lebong terdiri dari lima layanan yaitu layanan konselin individu, layanan konsultasi, layanan konseling kelompok, layanan bimbingan kelompok, dan layanan mediasi. Ketiga, Hambatan dalam pelaksanaan layanan responsif yang dialami Guru BK adalah keikut sertaan pihak lain yaitu orang tua dalam mengatasi masalah bullying sehingga penanganan yang dilakukan Guru BK adalah guru BK seharusnya meningkatkan personal branding dan kompetensi profesional konselor dengan membangun kerja sama yang baik dengan guru mapel, wali kelas terhusus orang tua siswa dalam penaganan masalah siswa dan penerapan layanan bimbingan dan konseling dan melalukan pendekatan kepada siswa dengan baik lagi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Onedyra, Ayuayuonedyra.mhs@gmail.ac.id
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:36
Last Modified: 11 Jul 2024 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6495

Actions (login required)

View Item View Item