Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Sikap Keagamaan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Rejang Lebong

Yusup, Jamaludin and Mustar, Saidil and Syahindra, Wandi (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Sikap Keagamaan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
jamaludinyusup.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membina sikap keagamaan sangat penting dilakukan, karena saat ini persoalan sikap keagamaan senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari zaman ke zaman. Perkembangan sikap keagamaan siswa banyak dipengaruhi oleh lingkunganny. Dalam mengembangkan sikap keagamaan peserta didik di sekolah, strategi guru, khusunya guru pendidikan agama Islam begitu penting, guru harus bisa menciptakan lingkungan yang kondusif dan agamis baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Akan tetapi kenyataanya banyak siswa yang belum memiliki sikap keagamaan yang baik. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) strategi guru PAI dalam membina sikap keagamaan peserta didik di SMP Negeri 9 Rejang Lebong 2) implementasi strategi guru pai dalam membina sikap keagamaan peserta didik di SMP 9 Rejang Lebong 3) sikap keagamaan peserta didik setelah diterapkannya strategi guru PAI dalam membina sikap keagamaan peserta didik di SMP 9 Rejang Lebong. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kulitatif, yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik kelas VIII, penelitian ini dilaksankan di SMPN 9 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun teknik menganalisis data ialah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, terdapat kesimpulan bahwa strategi guru PAI dalam membina sikap keagamaan peserta didik terdapat 2 strategi yaitu streategi langsung: keteladanan, latihan, pembiasaan dan tidak langsung: koreksi/pengawasan, hukuman. Sikap keagamaan peserta didik terlihat dari 1) terbiasa menerapkan kegiatan keagamaan, 2) memiliki sikap tanggung jawab, 3) memiliki sikap toleransi. Kata Kunci : Strategi guru pendidikan agama islam, Membina sikap keagamaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yusup, Jamaludinjamaludin.yusup@student.iaincurup.co.id
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:14
Last Modified: 10 Jul 2024 08:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item