Keefektifan Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 72 Rejang Lebong

Khoirunnisa Khoirunnisa, Khoirunnisa Khoirunnisa and Kurniawan, Kurniawan and Misriani, Agita (2024) Keefektifan Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Khoirunnisa (20591098) PGMI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan permasalahan dalam proses belajar mengajar di kelas III SD N 72 Rejang Lebong mata pelajaran IPA, yaitu guru masih menggunakan metode konvensional ceramah. Metode yang digunakan kurang bervariasi, sehingga siswa tidak aktif karena pembelajaran hanya berfokus pada guru. Tujuan peneliti yaitu menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan (pretest dan posttest) kepada siswa SD N 72 Rejang Lebong yang terdiri dari kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 16 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes, obsevasi, dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) pada materi energi pembelajaran IPA SD N 72 Rejang Lebong berdasarkan analisis data uji T-Test memperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,44 dan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,56. Terdapat perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-gain score diperoleh hasil belajar sebesar 69,84% dimana termasuk kedalam kategori cukup efektif. Kata kunci: Model CLIS, IPA Energi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khoirunnisa Khoirunnisa, Khoirunnisa KhoirunnisaKhoirunnisa Khoirunnisa
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:34
Last Modified: 16 Oct 2024 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item