Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al – Quran Hadist Kelas Xi Di Ma Miftahul Jannah Rejang Lebong

Susanti, Yuni and Rafia, Rafia and Arsil, Arsil (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al – Quran Hadist Kelas Xi Di Ma Miftahul Jannah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full teks.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai kemampuan seseorang dalam suatu proses pendidikan. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor intern (dari dalam diri siswa itu sendiri) seperti kemampuan, minat, fisik dan bakat siswa, dan faktor ekstern (dari luar diri siswa), seperti dorongan dari orang tua, lingkungan,dan sarana prasarana, kemudian salah satunya yaitu metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Hal ini dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa, kemudian dengan metode belajar yang menarik, maka akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana respon siswa saat menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran Al-Qura’an hadist di MA Miftahul Jannah, bagaimana kondisi hasil belajar siswa dengan menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran Al-Qura’an hadist di MA Miftahul Jannah, dan apakah ada pengaruh penerapan metode outdoor study pada mata pelajaran Al-Qura’an hadist di MA Miftahul Jannah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian dengan metode kuantitatif menekankan analisisnya pada data – data numerical (angka) yang diolah dengan statistika, yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XI MA Miftahul Jannah Rejang Lebong dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket dan dokumentasi. Penentuan subjek tersebut dilakukan menggunakan teknik total sampling, populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Metode pembelajaran outdoor study pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XI di MA Miftahul Jannah Rejang Lebong sangat baik. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XI di MA Miftahul Jannah Rejang sangat tinggi. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist kelas XI di MA Miftahul Jannah Rejang Lebong. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Product Moment pengaruh penerapan metode Outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist sebesar 0,668. Dilihat dari besarnya r_xy yang diperoleh 0,668 terletak di antara 0,60 – 0,799. Berdasarkan pedoman yang telah dikemukakan diatas dapat dinyatakan korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah tergolong kuat. Dari perhitungan determinasi diperoleh angka sebesar 0,45 ( 45%), hal ini berati penggunaan metode outdoor study memberikan sumbangan 45% tehadap hasil belajar siswa di kelas XI MA Miftahul Jannah Rejang Lebong. Kata Kunci: Metode Outdoor Study, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Yuniyunisusanti@students.iaincurup.ac.id
Rafia, Rafiarafiaarcanita@iaincurup.ac.id
Arsil, Arsilarsil@iaincurup.co.id
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:00
Last Modified: 10 Jul 2024 02:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item