Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Negeri 08 Rejang Lebong

Berra, Emellia Do (2018) Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Negeri 08 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 08 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya permasalahan yang terjadi pada siswa dizaman sekarang ini mengenai sikap nasionalisme yaitu masih ada siswa yang melanggar peraturan, pada saat menjadi petugas upacara siswa tidak serius banyak siswa yang bersendau gurau dengan siswa lain, disaat menyanyikan lagu wajib nasional masih terdapat kesalahan pada liriknya, siswa masih bersifat individual, dan kurangnya penghormatan terhadap orang lain misalnya orang tua dan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas V pada mata pelajaran PKn, apa saja sikap nasionalisme yang ada pada siswa dan bagaimana menanamkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 08 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti menekankan pada penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif analitik yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu uraian naratif suatu proses tingkah laku subjek yang sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara tersetruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sikap nasionalisme yang ada pada siswa kelas V adalah dapat dilihat dari sikap rela berkorban, cinta tanah air, menjunjung tinggi nama bangsa Indonesia, bangga sebagai bangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan, patuh dan taat kepada pancasila dan UUD 1945, disiplin, berani dan jujur, serta bekerja keras. Bagaimana menanamkan sikap nasionalisme siswa melalui mata pelajaran PKn antara lain dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian contoh yang kontekstual, pembelajaran melalui cerita dan media, seperti gambar pahlawan, lagu Indonesia raya dan lagu wajib nasional lainnya. Hal yang paling efektif dilakukan oleh guru diantara cara tersebut adalah pembiasaan dan keteladanan karena dapat dilakukan guru setiap hari. Seperti membiasakan siswa untuk mengikuti upacara bendera, memakai bahasa Indonesia yang baik, memakai produk-produk dalam negeri, bergotong royong, membersihkan dan menata halaman serta menanam bunga dihalaman sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Berra, Emellia DoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSusilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
ReviewerAfrilia, RosetyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sikap Nasionalisme; Mata Pelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 14:08
Last Modified: 30 Oct 2019 14:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item