Implementasi Hidden Curriculum Pada Pembelajaran di Sd Literasi Qur`Ani Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong

JULIO, RISKIANANDA and Deriwanto, Deriwanto and Karliana, Indrawari (2024) Implementasi Hidden Curriculum Pada Pembelajaran di Sd Literasi Qur`Ani Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI JULIO.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
PDF SKRIPSI JULIO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang implementasi kurikulum tersembunyi dalam pembelajaran di SD Literasi Qur'ani Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara, Kabupaten Rejang Lebong. Kurikulum tersembunyi merupakan aspek penting dalam pendidikan yang mencakup nilai-nilai, norma, dan sikap yang tidak secara langsung diajarkan tetapi tersirat dalam pengalaman pembelajaran dan budaya sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru-guru dan staf sekolah di SD Literasi Qur'ani. . Teknik analisa data yang digunakan dengan reduksi data, penarikan, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi kurikulum tersembunyi di SD Literasi Qur'ani Desa Tasikmalaya telah terintegrasi secara efektif dalam pembelajaran sehari-hari. Nilai-nilai agama, moral, etika, serta kepedulian sosial sangat ditekankan dalam setiap aspek pembelajaran, baik dalam materi formal maupun kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, budaya sekolah yang mendukung kerjasama, rasa hormat, dan kepedulian terhadap sesama juga turut memperkuat implementasi kurikulum tersembunyi. Kedua damapak intergrasi hidden curriculum pada pembelajaran di SD Literasi Qur`ani Desa Tasikmalaya kecamatan Curup Utara kabupaten Rejang Lebong yang mana telah terlihat dampak intergrasi dari hidden curriculum yang merupakan sudah sangat banyak perubahan yang terjdi dari perubahan niilai-nilai agama, moral, etika, serta kepedulian sosial sangat ditekankan dalam setiap aspek pembelajaran, baik dalam materi formal maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
JULIO, RISKIANANDAriskiananda@students.iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Karliana, Indrawarikarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:17
Last Modified: 08 Jul 2024 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item