Manajemen Strategik Madrasah dalam Meningkatkan Akreditasi di MTs Guppi Nurul Jadid Desa Sumber Sari Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin

Saputri, Rafhita Ika and Warlizasusi, Jumira and Bahri, Syaiful (2024) Manajemen Strategik Madrasah dalam Meningkatkan Akreditasi di MTs Guppi Nurul Jadid Desa Sumber Sari Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULLTEXT.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Strategik Madrasah dalam Meningkatkan Akreditasi di MTs Guppi Nurul Jadid Desa Sumber Sari Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.” Penelitian ini berlatarbelakang akreditasi madrasah yang masih C pada dua kali penilaian akreditasi terakhir. Manajemen strategik sebagai pendekatan yang mampu memberikan kerangka kerja yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan akreditasi madrasah. Peneliti mengangkat perencanaan, pelaksanaaan, evaluasi dan manajemen strategik dapat meningkatkan akreditasi di MTs Guppi Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui study kasus. Sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan strategi dalam peningkatan akreditasi di MTs Guppi Nurul Jadid mencakup pengembangan visi dan misi, identifikasi peluang dan ancaman eksternal suatu organisasi, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan dalam rangka peningkatan akreditasi. Pelaksanaan manajemen strategik dalam meningkatkan akreditasi MTs Guppi Nurul Jadid meliputi kegiatan penentuan kebijakan madrasah, pemberian motivasi oleh kepala madrasah, mengalokasikan sumber daya yang ada dan mengembangkan budaya yang akan mendukung pelaksanaan strategi tersebut. Proses evaluasi manajemen strategik dalam peningkatan akreditasi meliputi kegiatan melakukan monitoring kepada tenaga pendidik, kependidikan serta peserta didik dan melakukan pengawasan terhadap program-program lembaga. Manajemen strategik dapat meningkatkan akreditasi madrasah di MTs Guppi Nurul Jadid dengan kerjasama dengan seluruh Stakeholder dan juga masyarakat, monitoring dan evaluasi secara berkala dan pengembangan sumber daya manusia. Kata kunci: Manajemen, Strategik, Peningkatan Akreditasi, Madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Saputri, Rafhita Ikasaputrirafhita@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:56
Last Modified: 03 Jul 2024 07:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item