Imlementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SD Negeri 01 Ujan Mas

Eliza, Veta and Arcanita, Rafia and Harahap, Emmi Kholilah (2024) Imlementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SD Negeri 01 Ujan Mas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI VETA ELIZA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI VETA ELIZA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karakter religius memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, baik dalam berkata, bertindak dan bersikap. Pembinan karakter religius menjadi hal utama yang harus dilakukan, Al-Qur’an dijadikan acuan memahami dan menanamkan nilai-nilai karakter religius kepada peserta didik. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 01 Ujan Mas terlihat bahwa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah menerapkan program-program pembentukan karakter termasuk karakter religius akan tetapi belum maksimal diterapkan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di sd negeri 01 ujan mas. Penelitian ini menggunakan pendekatkan kualitatif, Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, Wali Kelas VI, Kepala Sekolah dan Empat Siswa Kelas VI. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati, untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi pendidikan agama islam yaitu dengan menanamkan nilai-nilai karakter religius dengan cara adanya kegiatan di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Adapun temuan penelitian implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD Negeri 01 Ujan Mas yaitu: Melakukan bimbingan baca Al-Qur’an, Menjadi teladan bagi peserta didik, dan Melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan. Terdapat empat sikap yang bisa digunakan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik yaitu: Kejujuran, Sopan santun, Kepedulian, Mematuhi aturan dan tanggung jawab. Ada 3 faktor pendukung: Pembiasan keteladanan, Pembiasan kegiatan keagamaan dan Kegiatan ekstrakulikuler. Adapun 2 faktor penghambat: Faktor internal dan Faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di SD Negeri 01 Ujan Mas sudah memenuhi temuan penelitian dan telah terlaksankan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Eliza, Vetavetaeliza@students.iaincurup.ac.id
Arcanita, Rafiarafiaarcanita@gmail.com
Harahap, Emmi Kholilahemmiharahap57@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:18
Last Modified: 03 Jul 2024 08:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item