Suryana, Suryana and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and fathurrohman Irwan, Fathurrohman Irwan (2024) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap pemahaman dan penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS BU SURYANA LENGKAP.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Suryana, NIM 22861019, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pemahaman dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Rejang Lebong, Tesis, Program Pasca sarjana IAIN Curup, Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2024. SMA Negeri 1 Rejang Lebong saat ini tengah mengalami transformasi pendidikan yang signifikan dengan pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar. Supervisi pendidikan di SMA Negeri 1 Rejang Lebong menjadi instrumen kunci dalam memastikan pemahaman guru dan kesesuaian metode pengajaran dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara supervisi kepala sekolah terhadap pemahaman kurikulum merdeka belajar, untuk menjelaskan pengaruh antara supervisi kepala sekolah terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap pemahaman dan penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, suatu jenis penelitian yang pengumpulan datanya melaui pertanyaan-pertanyaan yang berbentuk angket atau kuesioner dengan sampel sebanyak 65 orang guru di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Teknik analisis data yang digunakan dapat menentukan skala pengukuran dari masing-masing variabel, sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan tepat. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap pemahaman kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Rejang Lebong, hal ini dapat dilihat dari signifikansi Supervisi kepala sekolah sebesar 0,917 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05; (2) Supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Rejang Lebong, hal ini dapat dilihat dari signifikansi Supervisi kepala sekolah sebesar 0,829 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dan dapat juga dilihat dari koefesien determinasi Supervisi kepala sekolah sebesar 0,687 maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak; Supervisi kepala sekolah berpengaruh sebesar 84,1% terhadap pemahaman guru tentang kurikumlum merdeka belajar. Untuk persentase masing-masing indicator yaitu Pengetahuan guru tentang konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka Belajar merupakan indikator yang paling kuat mempengaruhi sebanyak 30,05%, untuk indikator Keterampilan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar merupakan indikator yang sedang dalam mempengaruhi sebanyak 29,05%, sedangkan indkator Sikap guru terhadap Kurikulum Merdeka Belajar merupakan indikator yang paling lemah mempengaruhi sebanyak 25%, dan terhadap penerapan guru terhadap kurikumlum merdeka belajar sebesar 68,7%. Pelaksanaan Pembelajaran merupakan indikator yang paling kuat mempengaruhi sebanyak 25,7%, untuk indikator Perencanaan Pembelajaran merupakan indikator yang sedang dalam mempengaruhi sebanyak 23%, sedangkan indkator Penilaian Pembelajaran sebanyak merupakan indikator yang paling lemah mempengaruhi sebanyak 21%. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Pemahaman, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:42 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:45 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6199 |
Actions (login required)
View Item |