Implementasi program integrated pada kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (jsit) terhadap pembinaan karakter religius peserta didik di smp it khoiru ummah

Saputra, Angga and Muhammad, Idris and Karliana, Indrawari (2024) Implementasi program integrated pada kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (jsit) terhadap pembinaan karakter religius peserta didik di smp it khoiru ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kepribadian siswa yang ganda, masih ada orang tua murid tidak memantau ibadah yaumiyah anak dan membebankan seluruhnya kepada sekolah tanpa mengontrol anak dirumah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang implementasi program integrated pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) terhadap pembinaan karakter religius peserta didik di SMP IT Khoiru Ummah dan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui progam integrated pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) terhadap pembinaan karakter religius peserta didik di SMP IT Khoiru Ummah, implementasi progam integrated pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam terpadu (JSIT) terhadap pembinaan karakter religius peserta didik di SMP IT Khoiru Ummah, dan kendala dalam implementasi progam integrated pada kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) terhadap dan pembinaan karakter religius peserta didik di SMP IT Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru (T2Q), guru (BPI) SMP IT Khoiru Ummah. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa; 1) data primer dan 2) data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: Pertama, ada 2 progam yaitu Tahsin dan Tahfidz (T2Q) dan Bina Pribadi Islam (BPI). (T2Q) adalah mata pelajaran dari kurikulum (JSIT) dengan metode wafa dikhususkan belajar tahsin dan tahfidz Al-Qur'an, tahsin untuk mempelajari dan cara membaca huruf dan tajwid serta tahfidz untuk hafalan. Sedangkan (BPI) progam yang dikhususkan untuk pembinaan karakter peserta didik, evaluasi ibadah dan sikap peserta didik selama satu minggu. Kedua, implementasi (T2Q) dilaksanakan 6 jam dalam seminggu setiap hari 2 jam pembelajaran selama 3 hari. Setiap kelas terdapat 3 tingkatan yaitu kelas bawah, sedang dan tinggi, dalam 1 kelompok terdapat 10 peserta didik. Holaqoh Al-Qur'an setiap pagi kecuali hari Senin, progam bersama Al-Qur'an dikelas menyetorkan hafalan. Sedangkan (BPI) dilaksanakan selama satu minggu sekali, kelas 7 hari Jum’at, 8 hari Kamis dan 9 hari Rabu dengan materi sesuai jenjang selama 1 jam pembelajaran. Progam harian sholat dhuha berjamaah, membaca alma’tsurat pagi dan sore, pekanan puasa sunnah senin-kamis, dan mabit selama 3 bulan sekali. Ketiga, kendala (T2Q) motivasi dan disiplin peserta didik, fasilitas pendukung, lingkungan yang kurang kondusif. Sedangkan kendala (BPI) kurangnya motivasi dari peserta didik, lingkungan yang kurang mendukung, sarana dan prasarana, metode pengajaran yang kurang variatif. Kata kunci : kurikulum JSIT, progam, implementasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, Anggaanggasaputra2342002@gmail.com
Muhammad, Idrisidrismuhammad@iaincurup.co.id
Karliana, Indrawarikarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:41
Last Modified: 03 Jul 2024 01:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item