Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Mts Muhammadiyah Rejang Lebong

Ananda, Rizki and Idris, Muhammad and Daheri, Mirzon (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Mts Muhammadiyah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kiat-kiat atau cara unik yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Muhammadiyah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Dikatakan kualitatif deskriptif karena penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan hasil pengelolahan data yang berupa kata-kata, gambaran umum yang terjadi dilapangan dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan beberapa siswa di Sekolah Dasar. Lalu peneliti juga mengambil data sekunder sebagai data pendukung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam skripsi ini yaitu terdapat terdapat strategi yang harus di miliki oleh guru dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran PAI di MTS Muhammadiyah Rejang Lebong. Pertama, proses pembelajaran PAI di lingkungan sekolah dasar sudah dilaksanakan dengan cara yang baik, menarik dan semaksimal mungkin oleh PAI. Namun masih membutuhkan perhatian serta dukungan yang serius dari berbagai pihak seperti sekolah dan orang tua. Kedua, upaya yang telah dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di sekolah dasar dengan cara memanfaatkan media yang ada seperti melihat gerakan wudhu dan shalat melalui poster, laptop dan lain sebagainya, serta memberikan waktu belajar yang kondusif bisa dengan belajar dilaur ruangan atau study outdor.. Ketiga, salah satu faktor penghambat kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah serta kurangnya dukungan orang tua dalam belajar dirumah. Oleh karena itu guru PAI dituntut harus kreatif dalam menciptkan suasana belajar yang asik dan menyenangkan bagi siswa. Disamping faktor penghambat pasti ada faktor pendukung, salah satu faktor utamanya yang mampu mengatasinya adanya guru PAI yang kreatif, adanya buku dan fasilitas yang disediakan sekolah. Kata Kunci : Strategi Belajar, Motivasi Belajar, Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ananda, Rizkirizkiananda@students.iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:30
Last Modified: 14 Aug 2024 03:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item