Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kcp. Curup

Maryama, Maryama and Arifin, Rahman and Ranaswijaya, Ranaswijaya (2024) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kcp. Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI MARYAMA 20631049_Perbankan Syariah_.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Bank adalah lembaga keuangan yang saat ini sedang berkembang cukup pesat di Indonesia. Loyalitas atau kesetiaan dapat dinyatakan sebagai tingkat dimana nasabah sebenarnya menunjukkan perilaku pembelian berulang (repeat buying) terhadap suatu jasa atau produk dan menunjukkan kualitas kepercayaan yang tinggi, serta loyalitas nasabah yang menunjukkan kemampuan bank dalam mempertahankan daya saing. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Accidental sampling. Populasi sebanyak 3.102 nasabah, sehingga sampel yang diambil adalah 97 nasabah dengan menggunakan rumus slovin. Analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Uji statistik meliputi uji t, serta uji F. Uji asumsi klasik melibatkan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t kualitas produk (X1) apabila thitung 3,098 lebih besar dari ttabel 1,661 (3,098 > 1,661) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel kualitas produk (X1) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Kualitas pelayanan (X2) apabila thitung 18,226 lebih besar dari ttabel 1,661 (18,226 > 1,661) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Relationship quality (X3) apabila thitung 11,516 lebih besar dari ttabel 1,1661 (11,516 < 1,1661) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel relationship quality (X3) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 211,669 > Ftabel = 2,703, dengan signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan relationship quality (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Kata Kunci : Produk, Pelayanan, Relationsip dan Loyalitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maryama, Maryamamaryama@students.iaincurup.ac.id
Arifin, Rahmanrahmanarifin@iaincurup.ac.id
Ranaswijaya, Ranaswijayaranaswijaya@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:23
Last Modified: 13 Aug 2024 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item