Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional tek-tek brok di tk tunas bangsa musi rawas

marliyani, atik leni and Rahman, Abdul and Putra, Muksal Mina (2024) Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional tek-tek brok di tk tunas bangsa musi rawas. Sarjana thesis, Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TEK-TEK BROK DI TK TUNAS BANGSA MUSI RAWAS .pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat beberapa anak yang mengalami permasalahan atau belum berkembang pada kemampuan motorik kasarnya. Hasil dari observasi menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di kelompok A2 TK Tunas bangsa Musi Rawas masih rendah, hal itu dikarnakan kurangnya stimulus, pembiasaan dan dorongan yang diberikan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kemampuan motorik kasar anak pada kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas sebelum dilakukan tindakan permainan tradisional tek-tek brok, untuk mengetahui apakah permainan tradisional tek-tek brok dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dan untuk mengetahui perubahan pada kemampuan motorik kasar anak setelah mengikuti permainan tradisional tek-tek brok di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu guru di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas dan 21 anak berusia 4-5 tahun yang terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan yang ada di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kemampuan motorik kasar anak di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas sebelum dikenalkan dengan permainan tradisional tek-tek brok dapat dikatakan masih rendah, hal ini dapat dilihat pada hasil kegiatan pra siklus yang mana kemampuan motorik kasar anak rata-rata 7,15%. Hal ini dikarenakan kurangnya media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kurangnya stimulus yang diberikan oleh guru kepada anak guna meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.Kedua, setelah dikenalkannya permainan tradisional tek-tek brok di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas menunjukkan hasil bahwasanya kemampuan motorik kasar anak yang sebelumnya masih sangat rendah sekarang sudah mengalami perubahan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa permainan tradisional tek-tek brok dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas.Ketiga, kemampuan motorik kasar anak di kelompok A2 TK Tunas Bangsa Musi Rawas setelah mengikuti permainan tradisional tek-tek brok sudah mengalami perubahan yang signifikan, dimana dapat dilihat bahwa rata-rata kemampuan motorik kasar anak pada siklus 1 adalah 28,3% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 82,9%. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Motorik Kasar dan Permainan Tradisional Tek-Tek Brok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
marliyani, atik leniatik.leni@students.iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdurahman@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:06
Last Modified: 01 Jul 2024 08:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6134

Actions (login required)

View Item View Item