Problematika Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rejang Lebong

Sari, Zaitun Tri Mulya and Arsil, Arsil and Rahman, Abdul (2024) Problematika Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI ZAITUN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problema kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan Triangulasi, membercheck, peningkatan ketekutan dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Rejang Lebong dapat disimpulkan bahwa terjadi beberapa problema yang dialami guru PAI diantaranya: 1) Pada proses perancanaan pembelajaran terdapat problema dalam hal masih terbatasnya sarana seperti infokus yang ada di sekolah, terbatasnya waktu untuk belajar di kelas ditambah lagi dengan materi yang cukup banyak penjabarannya. Dalam prosese pembelajaran guru hanya menggunakan media ajar pada umumnya saja yaitu buku cetak pelajaran PAI, guru juga mengalami kesulitan dalam membuat modul ajar. 2) Dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru kurang kreatif karena ketika proses pembelajaran berlangsung metode belajar yang digunakan oleh guru hanya metode konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab yang merupakan gaya lama dalam mengajar. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia karena guru yang sudah lama akan sulit mengikuti perkembangan zman dan hal tersebut berpengaruh terhadap keterampulan seorang guru. 3) Dalam proses evaluasi pembelajaran guru lebih menekankan pada penilaian psikomotorik anak yaitu membaca Al Qur’an dam meghafal hadist. Hal tersebut menjadi masalah karena untuk kegiatan evaluasi harus dilakukan secara keseluruhan dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik anak. Kata Kunci : Problema, Kurikulum merdeka belajar, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Zaitun Tri MulyaUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:32
Last Modified: 28 Jun 2024 09:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item